May 15, 2014

CIRI KHAS BATIK ACEH



          Tidak ada data akurat mengenai kapan awalnya batik dikenal oleh masyarakat Aceh. Namun keberadaan Batik Aceh saat ini tidak kalah saing dengan batik produksi dari dearah lain di tanah air, dan pasarannya pun sudah sampai keluar wilayah Aceh.

          Keseriusan Pemerintah Aceh melalui Dewan Kerajinan Nasional juga telah melakukan pelatihan bagi pengrajin batik di Aceh, dengan mendatangkan beberapa pembatik dari Cirebon dan Pekalongan. Bahkan kerap mengikut sertakan produk Batik Aceh disetiap pameran berskala nasional.

Yang paling membedakan Batik Aceh dengan batik daerah lain adalah motifnya yang khas berupa gambaran budaya dan alam di sekitar wilayah Aceh. Namun sesuai dengan Syariat Islam, maka pada motif Batik Aceh ada larangan menggunakan gambar mahluk bernyawa.

Ciri khas Batik Aceh dapat kita lihat dari:

1. Warnanya yang cerah, seperti: kuning, hijau, merah, biru, dan warna cerah lainnya.

2. Motif – moti pada Batik Aceh berupa: Motif Rencong, Motif Tolak Angin, Motif Bungong Jeumpa, Motif   Pintu Aceh, Motif Gayo, yang masing – masing motif tersebut mempunyai makna filosofi tersendiri.

Berbagai jenis produk yang dihasilkan dari Batik Aceh ini, diantaranya: baju, celana, tas, dompet, topi, dan beberapa produk lainnya.

Model celana panjang batik bagi perempuan Aceh diciptakan dengan model ukuran yang longgar, melambangkan kesetaraan derajat yang sama antara pria dan wanita di Aceh.

          Salah satu cara untuk memasyarakatkan Batik Aceh, maka pemerintah Bumi Serambi Mekah ini mewajibkan setiap PNS di Aceh agar menggunakan seragam Batik Aceh dihari tertentu.



No comments: