Nov 11, 2012

PRODUK BATIK INDONESIA

          Di era saat ini batik semakin merupakan produk yang sangat bergengsi dan memilik nilai budaya tinggi dikalangan masyarat Indonesia. Mengapa tidak, sebab selain masih dipertahankannya pembuatan batik dengan tehnik tulis yang nota bene regenerasi pembuat batik tulis ini semakin berkurang, juga bahan kain bahkan warna untuk pembuatan batik pun sebagian sudah lebih moderen dan berkelas.

Untuk penggunaan jenis kain batik, maka ada berbagai macam pilihan kain, sebut saja seperti: katun mori, organdy, organdy chiffon, organdy sutra, sutra, chiffon, chiffon sutra, denim, suede, dan banyak lagi.

          Disetiap resepsi apapun, baik usia tua maupun kalangan remaja sudah sering kita jumpai orang menggunakan busana dari kain batik. Instansi pemerintah, perusahaan swasta, dan sekolah - sekolah seakan berlomba menerapkan memakai seragam batik pada hari tertentu setiap minggunya.

          Batik sekarang memang bukan lagi merupakan produk budaya kuno yang ketinggalan jaman. Para desainer ternama anak bangsa telah mengangkat budaya batik di negeri ini melalui berbagai motif / desain, warna, bahan kain yang lebih menampilkan batik moderen, sehingga permintaan pasar pun akan batik ikut melonjak setiap tahunnya bukan hanya dalam negeri, namun bahkan sampai ke manca negera.

          Macam macam batik seperti dari Pekalongan, Cirebon, Lasem, Yogyakarta, Madura, bahkan dari daerah lain di Nusantara, telah ikut meramaikan pasar dunia.

Tidak sedikit para desainer ternama manca negara ikut menggunakan bahan dari batik Indonesia untuk karya – karya mereka. Bahkan UNESCO sendiri telah menetapkan batik sebagai budaya warisan dunia.

          Semoga bukan hanya batik saja yang mampu mencerminkan dan mengangkat jati diri bangsa kita di mata dunia, namun kita berharap semua tradisi dan produk peninggalan nenek moyang bisa berkiprah layaknya batik. Semoga.......

Sebagai referensi koleksi batik untuk anda, silahkan cari dan klik disini.




No comments: