Nov 23, 2012

RAMBUT SEHAT DAN TIPS PERAWATAN RAMBUT

          Rambut selalu menjadi masalah klasik yang tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Karena rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia, sehingga butuh cara perawatan rambut yang rutin dan intensif agar selalu kelihatan sehat dan indah.

Kurangnya perhatian akan perawatan rambut dan kesehatannya serta kulit kepala, maka akan menimbulkan masalah, dimana sering timbulnya rasa gatal pada kulit kepala, rambut yang kusut dan kusam, rambut rontok yang berlebihan dalam jumlah banyak, rambut bercabang, rambut menjadi kaku.

          Beberapa susunan sel dari rambut yang perlu kita ketahui diantaranya adalah:

- Folikel / akar rambut, merupakan sel hidup yang terletak pada bagian bawah kulit kepala. Sel ini memperoleh asupan makanannya dari pembuluh darah yang terletak dibagian bawahnya. Jika sel ini mati, maka akan mengeras dan keluar dari kulit kepala yang kita sebut rambut.

- Batang dari rambut disebut Hair Shaft memiliki 3 lapisan, antara lain: medula, korteks, serta kutikula.

Kutikula berfungsi untuk melindungi lapisan lebih dalam dari Hair Shaft. Jika lapisan ini rusak maka mengakibatkan warna (pigmen) pada batang rambut akan hilang.

Beberapa hal yang dapat membuat kutikula menjadi rusak, seperti: pengaruh sinar matahari, penggunaan bahan kimia dari pewarna rambut dan minyak rambut, konsumsi lemak berlebihan, kemoterapi, pengaruh alat keriting dan pelurus rambut, serta stres.

          Salah satu penyebab kerontokan pada rambut adalah kekurangan protein, karena protein merupakan gizi yang paling utama untuk rambut sehat dan sel dalam tubuh.

Untuk mengatasi kekurangan protein pada rambut sehat, cukup dengan meningkatkan konsumsi ikan dan daging dalam jumlah banyak (100 – 300 gram) setiap hari. Tapi jika merasa kewalahan mengkonsumsinya, minumlah setiap hari susu yang tinggi protein namun rendah lemak dan gula.

          Beberapa tips perawatan rambut agar tetap sehat dan kelihatan indah:

1. Jangan menggunakan hair dryer sehabis keramas karena akan membuat rambut kelihatan kering, kusut, dan kaku. Biarkan rambut sehat kering secara alami dan jangan dipaksakan mengering.

2. Jangan terlalu sering menggunakan zat pewarna rambut, karena bahan kimia yang terdapat dalam zat tersebut akan mengganggu kesehatan dan pertumbuhan perawatan rambut.

3. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, karena rambut sehat anda akan mudah rontok.

4. Hindari menggunakan topi yang terlalu sering dan lama, karena akan mempengaruhi sirkulasi udara disekitar kulit kepala, sehingga akan mengganggu rambut sehat anda.

5. Gunakan larutan yang mengandung minoxidil bagi rambut rontok yang disebabkan oleh keturunan. Larutan ini akan membantu cara perawatan rambut rontok sehingga mengurangi kerontokan pada saat berhenti menggunakannya.

6. Untuk jenis rambut berminyak lakukan perawatan rambut dengan menggunakan shampoo dan conditioner yang ringan. Jangan menyisir rambut terlalu sering dan pakailah sisir jenis dengan gigi yang jarang.

7. Jika rambut kering dan rusak maka cara perawatan rambut gunakan conditioner yang mengandung pelembab, serta hindari proses pewarnaan dan pengeritingan. Pada saat keramas, lakukan pemijatan diseluruh kulit kepala dengan lembut.

8. Untuk cara perawatan rambut kombinasi dimana kulit kepala berminyak dan ujung rambut kering, gunakan shampoo hanya pada kulit kepala serta conditioner hanya pada ujung rambut. Hindari rambut bercabang dengan melakukan pengguntingan pada ujung rambut setiap 6 minggu. Gunakan selalu sisir bergigi jarang.

9. Jika rambut sering rontok dalam jumlah terlalu banyak, maka lakukan cara perawatan rambut dengan menghindari menyisir terlalu keras, dan jangan terlalu sering mencuci rambut hingga rontoknya jadi berkurang.

10. Bagi rambut berketombe, lakukan perawatan rambut dengan menggunakan shampoo anti ketombe sesering mungkin, dan saat ketombe berkurang segera hentikan penggunaan shampo yang terlalu sering tadi.

Jangan biasakan menggaruk kulit kepala saat gatal, untuk mencegah infeksi. Segera konsultasi ke dokter jika selama 2 minggu melakukan perawatan rambut dengan menggunakan shampoo anti ketombe namun tidak ada perubahan, justru berakibat kulit pada kepala makin terasa sakit, gatal, atau meradang





Dikutip dari berbagai sumber.





















No comments: