Nov 24, 2012

JENIS DAN PENYEBAB KEBOTAKAN

          Salah satu hal yang mampu membuat sesorang penuh percaya diri adalah melalui penampilan rambut sehat dan indah, karena rambut memang merupakan mahkota setiap orang. Namun setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Ada yang berambut tebal dan ada yang tipis.

          Lain lagi dengan kepala yang memiliki masalah kebotakan. Ada beberapa jenis kebotakan karena alasan rambut rontok dan sebagainya, yang dialami seseorang termasuk berbagai penyebabnya. Seperti yang penulis kutip dari blog “ApotekerBercerita.Wordpress.Com”, dimana kebotakan itu terdiri dari:


1. Androgenetic alopecia

Jenis kepala botak seperti ini umumnya terjadi pada pria dewasa karena pengaruh oleh hormon testosteron yang bereaksi dengan enzim 5-alpha-reductase, dan berubah menjadi dehydrotestosterone (DHT). Kemudian DHT merubah ukuran folikel / akar rambut jadi mengecil sehingga rambut mudah rontok, atau rambut yang tumbuh berikutnya jadi berkurang ketebalannya dari rambut normal. Terapi untuk kepala botak jenis ini biasanya diatasi dengan menggunakan obat-obatan seperti minoxidil, finasteride, atau hormon estrogen, tetapi hanya boleh diberikan dengan resep dokter.

2. Alopecia areata

Botak berbentuk bulat atau oval, yang terdiri dari satu atau lebih di beberapa kulit kepala. Penyebab pasti kepala botak jenis ini belum jelas, dugaaan sementara karena kekurangan zat gisi, keturunan, stress. Jika rambut rontok terlalu sering pada kepala, serta folikel / akar rambut sudah mencapai batas maksimumnya memproduksi rambut, maka folikel akan mati dan tidak ada lagi rambut yang tumbuh di folikel tersebut.

3. Congenital alopecia

Kepala botak jenis ini disebabkan oleh adanya kelainan gen. Dimana saat lahir rambut si bayi masih tumbuh normal, selang beberapa bulan kemudian terjadi kerontokan dan rambut tidak akan tumbuh lagi atau ketebalan rambut menjadi tipis. Namun jenis ini jarang sekali terjadi.

4. Alopecia pityrodes

Botak yang disebabkan oleh ketombe (dandruff) sebagai penyebab. Umumnya dialami saat masa puber, dimana rambut menjadi tipis dan kusam. Mengatasi rambut rontok untuk jenis kebotakan ini adalah dengan cara menghilangkan ketombe / dandruffnya.

5. Trichotillomania

Terjadinya kepala botak pada jenis ini karena tingkah laku yang sering mencabut rambut sendiri hingga rontok ketika masih masa kanak-kanak. Perlu pendekatan secara psikologi untuk mengatasinya.

6. Scarring alopecia

Kebotakan yang disebabkan oleh musibah kecelakaan, terbakar, dan lain sebagainya. Terapinya hanya dapat dilakukan dengan jalan operasi.

Jika kebotakan sudah meluas dan permanen, serta sudah tidak mampu diatasi dengan cara menggunakan nutrisi, hair tonic, dan creambath, maka jalan terakhir adalah transplantasi rambut.

          Semua orang beresiko mengalami kebotakan jika malas merawat rambut dan kulit kepala.


No comments: