Nov 27, 2012

7 DAFTAR ZAT BERBAHAYA TERKANDUNG DALAM PRODUK PERAWATAN RAMBUT

          Seperti yang dikutip dari blog “Healthmeup.Com”, dimana beberapa kandungan zat kimia yang terdapat dalam produk perawatan rambut dapat menimbulkan sakit kepala, mual, kelelahan, dan kanker. Pernyataan mengejutkan ini datangnya dari Dr Nipun Jain, senior konsultan dermatologi, di Sri Balaji Action Medical Institute.

          Masih banyak konsumen kita belum mengetahui hal ini, sementara produk perawatan rambut itu sendiri seakan sudah menjadi bagian rutin dari perawatan rambut sehari-hari.

Berikut daftar nama zat kimia yang umumnya terkandung dalam produk perawatan rambut:

1. Polyethylene glycol

Umumnya terdapat dalam pada produk pembersih dan perawatan tubuh. Zat ini dapat mengakibatkan terjadinya penuaan dini pada kulit kita.

2. MEA (momoethanolamine), TEA (triethanolamine), DEA (diethanolamine)

Zat ini sering dijumpai dalam produk perawatan rambut berupa shampo, yang mana mampu memicu terjadinya kanker.

3. Propylene glycol

Zat kimia ini dengan mudah meresap kedalam kulit kepala kita serta mampu menyerap kandungan protein di dalamnya, sehingga mengakibatkan kulit kepala jadi cepat kendur.

Zat ini digunakan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan rambut seperti shampo dan kondisioner.

4. Isopropyl alcohol

Merupakan pelarut yang digunakan dalam larutan pewarna rambut serta lotion. Zat kimia ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing dan mual.

5. Sodium lauryl sulphate (SLS) & Sodium laureth sulphate(SLES)

Kedua zat ini sering ditemui dalam produk perawatan rambut seperti kondisioner, serta produk perawatan tubuh lainnya, bahkan tergolong paling berbahaya.

Mengapa? Karena sangat mengganggu dan menghambat pertumbuhan rambut, serta berakibat kerontokan pada rambut.

SLS sendiri sangat rentan menimbulkan terjadinya katarak ketika diserap oleh kulit. Meski tanpa terjadi kontak langsung dengan mata.

6. FD & C Colour pigments

Warna - warna yang dipakai dalam produk pewarna rambut juga bisa menimbulkan masalah iritasi dan saraf. Termasuk warna buatan dan warna berbahan sintetis pada produk perawatan rambut seperti shampo dan kondisioner.

7. Formaldehyde

Zat ini kadang menimbulkan alergi, sakit kepala, kelelahan, bahkan mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh. Biasa dijumpai dalam produk perawatan rambut seperti shampo serta kondisioner.

‘Gak nyangka ya..., selama ini kita sendiri yang sengaja mengundang tubuh kita agar rentan dikuasai berbagai penyakit, termasuk kanker dan sebagainya.

          Saran penulis bagi pembaca, sebaiknya mulailah membiasakan menggunakan ramuan tradisional / produk herbal. Sekarang ini sudah sangat banyak obatherbal / produk herbal yang juga memproduksi bahan perawatan untuk tubuh. Konsumen hanya tinggal memilih produk herbal yang mereknya sesuai dengan isi dompet kita.

Sebagai rekomendasi, silahkan klik dan kunjungi ratusan produk herbal / ramuan tradisional yang anda butuhkan disini.









No comments: