Sep 3, 2014

PUSAT INDUSTRI SEPATU CIBADUYUT



          Pusat produksi sepatu Cibaduyut letaknya disepanjang Jalan Cibaduyut Raya, sebelah selatan Kota Bandung. Kawasan industri sepatu ini diakui sebagai sentra industri terpanjang dunia.

          Tidak ada informasi resmi yang mengakui sejak kapan pastinya sentra home industry ini awalnya muncul. Namun menurut informasi yang beredar mengatakan bahwa kawasan sepatu Cibaduyut telah ada di jaman penjajahan Jepang. Saat itu pengrajin sepatu di Jalan Cibaduyut Raya digeluti oleh segelintir orang yang konon pernah bekerja pada sebuah pabrik sepatu di Bandung.

Walaupun mereka memproduksi sepatu handmade dengan dibantu peralatan yang sangat terbatas dan model sederhana, namun kualitas sepatu yang dihasilkan jaman itu mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang memakainya.

Seiring berjalannya waktu, para pelaku bisnis sepatu handmade di Cibaduyut juga semakin bertambah jumlahnya. Hingga pada tahun1978 Departemen Perindustrian mewakili pemerintah pusat yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) melakukan kajian untuk memberikan pelatihan dan pengembangan kualitas bagi skill para pelaku home industry sepatu di Cibaduyut.

Dari hasil kajian tersebut maka pada tahun 1980-an oleh Departemen Industri meluncurkan proyek yang disebut BIPIK serta mendirikan pusat pelayanan fasilitas yaitu Center Service Facility (CSF) atau Unit Pelayanan Teknis (UPT). Berbagai fasilitas sarana dan prasarana disediakan, seperti: gedung, mesin dan peralatan kerja, dipadukan dengan berbagai program pelatihan.

Lewat fasilitas dan program ini membuat pelaku industri sepatu Cibaduyut di Bandung semakin melonjak jumlahnya. Produk sepatu yang mereka hasilkan selain kualitasnya mampu bersaing, model sepatu yang mereka keluarkan juga setiap tahunnya mengikuti trend dunia. Bahan yang mereka gunakan selain dari kulit asli ada juga terbuat dari kulit sintetis dengan harga yang tentunya berbeda.

Tahun 1987 oleh Presiden RI saat itu yakni H.M. Soeharto diresmikanlah Cibaduyut sebagai kawasan industri sepatu di Bandung.

          Sampai saat ini pemasaran produk sepatu Cibaduyut selain sudah dikenal ke seluruh tanah air juga mampu menembus sampai pasaran Eropa dan Amerika.







No comments: