Sep 13, 2014

PERBEDAAN SHAMPOO UNTUK PRIA DAN WANITA



          Shampoo sudah menjadi kebutuhan utama bagi perawatan rambut setiap pria dan wanita manapun dibelahan bumi ini. Sebahagian besar manusia moderen lebih menggunakan produk shampoo pabrikan dari bahan kimia dengan alasan mudah didapatkan, praktis menggunakannya, serta umumnya harga terjangkau dengan berbagai pilihan merek yang sesuai struktur kulit kepala kita masing – masing.

Ada pula konsumen yang lebih suka menggunakan shampoo herbal serba natural dan murni dari bahan alami, baik yang langsung dipetik dari tumbuh – tumbuhan, ataukah produk herbal pabrikan.

          Menyinggung mengenai perbedaan penggunaan shampoo antara pria dan wanita, menurut beberapa pakar bahwa hal ini sah – sah saja diterapkan. Namun kata mereka pria boleh saja menggunakan shampoo yang khusus diproduksi bagi wanita, sebab sebenarnya tidak akan menimbulkan efek yang buruk bagi sipemakai, kendati selama ini belum pernah ada kasus yang menimbulkan masalah terhadap kulit kepala bagi pria yang sering menggunakan shampoo wanita.

Dari segi konstruksi antara kulit kepala pria dan wanita ditemukan perbedaan, bahwa:

- Kulit kepala pada pria lebih berminyak, lebih kuat, dan tahan dibanding kulit kepala wanita.

- Kelenjar keringat pada kulit kepala pria lebih banyak dibanding wanita, akibat umumnya pria lebih dominan banyak melakukan aktivitas serta pekerjaan yang lebih berat, sehingga produksi minyak pada kulit kepala pria juga ikut meningkat, maka rentan berketombe.

- Kulit kepala pada wanita juga tergolong kuat hanya saja karena perilaku manipulasi yang sering dilakukan, seperti: mengeringkan rambut menggunakan hairdry, pengecatan rambut, pelurusan dan mengkeritingkan rambut, membuat kebanyakan rambut wanita sering bermasalah (pecah – pecah, rontok, dan sebagainya).

          Nah…., sekarang pilihan bergantung dari diri kita masing – masing jika ingin menggunakan produk shampoo yang mana.

No comments: