Jun 5, 2014

CIRI KHAS BATIK BENGKULU (BATIK BESUREK)



          Batik Besurek, itulah istilah lain dari Batik Bengkulu. Besurek artinya bersurat, masuknya tulisan kaligrafi. Meskipun tidak semuanya tulisan kaligrafi pada Batik Besurek diambil dari Surat atau Ayat Suci Alquran.

          Secara history, dahulu para pedagang dari Demak membawa serta batik dari Cirebon sebagai dagangan mereka, yang kemudian dalam perkembangannya oleh pengrajin Batik Tulis Besurek di Bengkulu memadukan antara Motif Batik Cirebon dengan kaligrafi, sehingga menghasilkan ciri khas Batik Bengkulu yaitu Batik Besurek.

Kreatifitas pengrajin Batik Bengkulu semakin memperkuat ciri khas Batik Besurek tersebut, dimana mereka menciptakan perpaduan corak huruf arab gundul (kaligrafi) dengan beberapa gambar diantaranya burung kuau, tanaman relung paku, bunga reflesia arnoldy, bunga cengkeh, serta beberapa motif lainnya.

Dahulu kain dari Batik Besurek Bengkulu ini hanya didominasi warna kuning, coklat, merah, biru, dan hitam. Sementara untuk warna hitam dan birunya khusus dipakai untuk menutup mayat dan keranda, lalu yang warna kuning, coklat, dan merah, dipakai pada saat pesta pernikahan juga upacara adat.

Saat ini ciri khas warna Batik Besurek Bengkulu sudah sangat beragam dan lebih menojolkan warna – warna cerah, bahkan Batik Besurek Bengkulu telah banyak dipakai dalam segala suasana, seperti untuk seragam PNS serta Karyawan Swasta, ataukah seragam sekolah.

Pengrajin Batik Tulis Besurek sudah sangat sulit dijumpai saat ini di Bengkulu, dikarenakan perusahaan batik printing untuk Batik Besurek Bengkulu lebih menguasai pangsa pasar, dan harganya pun jauh lebih murah. Hal inilah yang membuat semakin kurang bergairahnya pengrajin batik yang menggunakan teknik tulis di Bengkulu.

          Konon sebagian besar Batik Besurek Bengkulu yang menggunakan teknik printing didatangkan langsung dari Tanah Jawa.














No comments: