Apr 13, 2014

MERAWAT PAKAIAN BERBAHAN SUTERA



          Pakaian berbahan sutera perlu perawatan yang ekstra hati – hati untuk merawatnya, apalagi harganya yang tidak murah juga berkesan mewah. Beberapa tahap untuk perawatan pakaian berbahan sutera atau kain sutera, dimulai dari:


Cara mencuci pakaian berbahan sutera:

- Jangan mencuci pakaian berbahan sutera dengan menggunakan mesin cuci karena serat sutera akan    mudah rusak serta kusut. Sebaiknya dikucak secara lembut dan perlahan – lahan dengan menggunakan tangan.

- Cucilah pakaian sutera atau kain sutera anda dengan deterjen khusus sutera atau sabun lerak, dan boleh juga dengan shampo yang tidak mengandung minyak agar permukaan sutera tidak terasa lengket.

- Jika terdapat noda pada pakaian sutera anda maka gosok dengan menggunakan kulit jeruk atau cuka, kemudian kucek perlahan hingga nodanya hilang lalu cuci dengan shampo.

- Jangan sekali – kali pakaian sutera atau kain sutera anda direndam dalam satu wadah dengan pakaian lain yang bukan sutera untuk menghindari kena luntur. Juga jangan sampai terdapat lipatan pada bagian pakaian / kain tersebut saat merendamnya.

- Hindari pakaian sutera atau kain sutera anda dari bahan pemutih.

- Bilas pakaian sutera atau kain sutera anda sebanyak 3 kali dengan mengunakan air hangat untuk menjaga bagian pelapis pada sutera tersebut tetap mengkilap.

- Jangan peras langsung dengan menggunakan tangan, namun sebaiknya bungkus terlebih dahulu pakaian sutera atau kain sutera ke dalam handuk dengan cara menggulung lalu peras airnya sampai selesai.



Cara menjemur kain sutera atau pakaian berbahan sutera:

Jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari karena warna bahan suteranya mudah pudar. Cukup diangin – anginkan saja. Untuk sarung sutera sebaiknya saat dijemur gunakanlah sebatang tongkat dibagain bawahnya sebagai untuk pemberat, agar tekstur sarung sutera tetap terlihat lurus dan tidak kusut.



Cara penyetrikaan pakaian sutera atau kain sutera anda:

- Ubah setrika anda kesuhu terendah atau ke petunjuk warm silk.

- Setrikalah pakaian sutera atau kain sutera anda dalam keadaan lembab namun lapisi terlebih dahulu menggunakan kain katun.

- Setrikalah pada bagian dalam pakaian sutera anda dengan terlebih dahulu membalik bagian dalam tersebut agar berada diluar.

- Jika ingin memberi parfum pada pakaian sutera anda jangan disemprotkan langsung, karena bahan kimia yang terdapat dalam parfum dapat merusak tekstur dan warna pakaian sutera atau kain sutera tersebut. Namun saat menyetrikanya tutupilah terlebih dahulu pakaian sutera anda dengan sehelai kertas, kemudian semprotkanlah dengan parfum.



Cara menyimpan pakaian sutera:

- Bungkus terlebih dahulu pakaian sutera atau kain sutera anda dengan sehelai kain katun kemudian digantung dengan hangar dari bahan lembut.

- Boleh juga menyimpannya dalam sebuah tas beludru.

- Jangan menyimpan pakaian sutera atau kain sutera anda terlalu lama hingga berbulan – bulan dalam lemari, tetapi sesekali dijemur langsung dibawah matahari, namun cukup 1 jam saja.

- Simpan ditempat yang kering dan jangan dibungkus pelastik untuk menghindari jamur.









No comments: