Apr 18, 2014

CIRI KHAS BATIK TASIKMALAYA



          Pembuatan Batik Tasikmalaya sama dengan batik pada umumnya, dimana ada yang terbuat dari tangan / batik tulis dan ada juga dicetak / batik cap. Batik Tasikmalaya terdiri dari 3 golongan, antara lain: Batik Sukapura, Batik Sawoan, dan Batik Tasik.

          Umumnya ketiga golongan Batik Tasikmalaya tersebut diatas motifnya bercirikan gambar flora, fauna, dan alam, seperti contohnya: motif manuk rereng peutey selong, manuk latar sisik, merak latar haremis, merak ngibing, rereng daun peuteuy papangkah, dan banyak lagi. Namun ada juga motif Batik Tasikmalaya yang disesuaikan dengan permintaan pasar diera moderen ini, misalnya motif motor Harley Davidson.

Untuk Batik Sukapura memiliki ciri khas warna yang digunakan yaitu: warna hitam, merah marun, putih dan gading.

Untuk Batik Sawoan warna yang digunakan dominan warna coklat layaknya buah sawo dengan menambah sedikit paduan warna indigo. Sementara warna ornamennya mirip Batik Solo yang menggunakan warna putih.

Sementara Batik Tasik sangat mudah dikenali dari warnanya yang lebih terang dan cerah dengan dominan berwarna biru yang dipadukan dengan sedikit warna lain, seperti: kuning, ungu, merah, orange, hijau, dan soga.


          Saat ini Batik Tasikmalaya sudah menjadi komoditi utama masyarakat Tasikmalaya sendiri, sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat setempat.










No comments: