Apr 4, 2014

MERAWAT BAJU / PAKAIAN BERBAHAN WOL


          Pakaian, selimut, syal, dan lain sebagainya yang terbuat dari bahan wol memang sangat nyaman dan hangat digunakan pada suhu udara yang dingin. Apalagi bahan wol ini sangat lembut dan halus bulunya. Namun sayangnya bahan ini sangat sensitif dan mudah rusak atau berbau jika tidak menggunakan perawatan khusus.

Bagian yang paling rentan mengalami penyusutan (rusak) pada baju yang terbuat dari bahan wol, terletak pada kera baju, siku, dan sakunya. Karena pada bagian ini paling sering terjadinya pergesekan.

Mencuci Dan Menghilangkan Noda Pada Wol.

          Jika terdapat noda pada pakaian berbahan wol maka tidak perlu dicuci. Cukup disemprotkan sedikit menggunakan air dingin yang telah dicampurkan dengan deterjen khusus wol atau dengan cairan yang mengandung zat adiktif lemah, kemudian ditepuk – tepuk menggunakan permukaan sikat namun jangan sekali – kali melakukan penyikatan, mengucek, atau menggosoknya, karena akan merusak serat bulu wol tersebut.

Bila noda membandel susah hilang, maka rendam pakaian berbahan wol tersebut ke dalam air hangat dengan menggunakan deterjen khusus wol atau menggunakan zat yang lemah adiktifnya tadi, selama beberapa saat kemudian bilas beberapa kali bersama air dingin namun jangan diperas untuk menjaga serat bulu wol tidak rusak.

Memeras pakaian dari bahan wol tersebut sehabis dicuci boleh dilakukan dengan cara membungkusnya terlebih dahulu menggunakan handuk kemudian barulah boleh diperas untuk mengeluarkan air cuciannya.

Mencuci baju berbahan wol cukup direndam selama 1 jam dalam air dingin agar bulu wol tersebut menyerap air dengan rata, kemudian masukkan deterjen khusus untuk wol dan tidak perlu dikucek, disikat, digosok, atau diremas. Cukup lakukan pembilasan beberapa kali.

Saat menjemur baju berbahan wol tadi jangan digantung, tapi letakkan dengan posisi mendatar pada selembar kertas yang sudah digunting membentuk pola seukuran baju wol tersebut, serta jemur diatas wadah yang berlubang – lubang agar airnya bisa cepat terbuang jatuh kebawah, dan menjemurnya sebaiknya tepat dibawah sinar matahari agar mudah kering.

Jangan diangin – anginkan sebab pakaian atau baju berbahan wol mudah menyerap dan menyimpan bau (termasuk bau apek) jika tidak kering betul.

Cara Setrika Baju / Pakaian Wol.

          Waktu melakukan penyetrikaan, semprotlah sesekali dengan menggunakan sedikit uap air dan jangan lupa atur alat setrika anda pada suhu panas yang khusus untuk bahan wol. Sambil disetrika sesekali sikatlah bulu wol tersebut kearah bawah agar kelihatan rapi dan teratur dengan menggunakan bulu sikat dari bahan lembut.

          Usahakan pakaian yang terbuat dari bahan wol jangan dilipat saat selesai dicuci atau disetrika, sebab bahan wol mudah menyerap dan menyimpan bau (seperti bau apek). Sebaiknya digantung saja dalam lemari pakaian anda.














No comments: